Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bidang / Perikanan Budidaya

Perikanan Budidaya

Merupakan unsur pelaksana di bidang perikanan budidaya yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Tugas Bidang Perikanan Budidaya :

Melaksanakan perumusan rencana, pengoordinasian, pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi sarana dan perbenihan, prasarana dan kesehatan ikan serta pengelolaan pembudidayaan ikan.

Fungsi Bidang Perikanan Budidaya :

  1.  Pengadaan / pembangunan sarana dan prasarana perikanan budidaya serta laboratorium;
  2. Pendidikan dan pelatihan, pendampingan dan perlindungan, kemitraan, pemberian kemudahan akses, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta pengembangan agrobisnis bagi pembudidaya ikan kecil;
  3. Pembudidaya ikan peraiaran umum daratan (culture base fisheries);
  4. Penyediaan benih dan calon induk ikan bermutu serta fasilitasi sertifikasi pembudidayaan / pembenihan ikan yang baik ( cara Pembenihan Ikan yang Baik / Cara Budidaya Ikan yang Baik );
  5. Pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit, pengawasan obati ikan, pengembangan kawasan perikanan budidaya dan fasilitasi sertifikasi keamanan dan mutu serta lingkungan;
  6. Pengelolaan dan penyelenggaraan pembudidayaan ikan termasuk pemasarannya pada aset milik Dinas; dan
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang dberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Seksi pada Bidang Perikanan Budidaya dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perikanan Budidaya.

    * Tugas Seksi Sarana dan Perbenihan :
    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pengadaan dan pemeliharaan sarana budidaya ikan, pendidikan dan pelatihan, pendampingan dan perlindungan, kemitraan, pemberian kemudahan akses, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta pengembangan agrobisnis bagi pembudidaya ikan kecil, pembudidayaan ikan perairan umum daratan ( culture base fisheries ), penyediaan benih dan calon induk ikan bermutu serta fasilitasi sertifikasi pembudidayaan / pembenihan ikan yang baik ( Cara Pembenihan Ikan yan Baik / Cara Budidaya Ikan yang Baik ).

    * Tugas Seksi Prasarana dan Kesehatan Ikan :
    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembangunan dan pemeliharaan prasarana perikanan budidaya dan laboratorium, pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit, pengawasan obat ikan, pengembangan kawasan perikanan budidaya dan fasilitasi sertifikasi keamanan dan mutu serta lingkungan.

    * Tugas Seksi Pengelolaan Pembudidayaan IKan :
    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pengelolaan dan penyelenggaraan pembudidayan ikan termasuk pemasarannya pada aset milik Dinas.