Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bidang / Usaha Perikanan

Usaha Perikanan

Merupakan unsur pelaksana di bidang usaha perikanan yang berada di bawah dan bertanggung jawb kepada Kepala Dinas.

Tugas Bidang Usaha Perikanan :

Melaksanakan perumusan rencana, pengoordinasian, pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan perikanan, pelayanan perikanan serta peningkatan daya saing hasil perikanan.

Fungsi Bidang Usaha Perikanan :

  1.  Pembinaan teknis, kelembagaan, ekonomi, penerapan teknologi, hukum, dan ekologis bagi kelompok nelayan dan pembudidaya ikan kecil serta usaha pendukungnya;
  2. Penerbitan kartu identitas nelayan dan pembudidaya ikan kecil, surat tanda pencatatan / pendaftaran kelompok dan usaha, rekomendasi surat izin usaha perikanan, rekomendasi pembelian bahan bakar minyak dan rekomendasi kredit program bagi nelayan dan pembudidaya ikan kecil serta usaha pendukungnya;
  3. Pembangunan / pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana peningkatan daya saing, akses penjualan, promosi, mutu, pendidikan dan pelatihan, pendampingan, kemitraan usaha, pemberian kemudahan akses ilmu pengetahuan, teknologi dan infomasi bagi kelompok usaha peningkatan daya saing hasil perikanan produksi nelayan dan pembudidaya ikan kecil dalam wilayah kabupaten; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi pada bidang usaha perikanan dipimpin oleh Kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Usaha Perikanan.

* Tugas Seksi Pembinaan Usaha Perikanan :

Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan teknis, kelembagaan, ekonomi, penerapan teknologi, hukum, dan ekologis bagi kelompok nelayan dan pembudidaya ikan kecil dan usaha pendukungnya.

* Tugas Seksi Pelayanan Usaha Perikanan :

Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis,
pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan
meliputi penerbitan kartu identitas nelayan dan pembudidaya ikan kecil, surat tanda pencatatan / pendaftaran kelompok dan usaha ( Tanda Daftar Kelompok dan Tanda Pencatatan Usaha Perikanan ), rekomendasi surat izin Usaha Perikanan, rekomendasi pembelian bahan bakar minyak dan rekomendasi kredit program bagi nelayan, pembudidaya ikan kecil dan usaha pendukungnya serta pelayanan lainnya.

* Tugas Seksi Peningkatan Daya Saing Hasil Perikanan :

Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis,
pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan
meliputi pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana peningkatan daya saing, akses pasar, promosi, mutu, pendidikan dan pelatihan, pendampingan, kemitraan usaha, pemberian kemudahan akses, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi bagi kelompok usaha, peningkatan daya saing hasil perikanan produksi nelayan dan pembudidaya ikan kecil.