Arsip Berita Terbaru

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pelepasan Kembali Anak Penyu Ke Laut Lepas

Berita Terbaru 19 Juli 2017 08:55:10 WIB dibaca 102 kali

Dinlutkan - Upaya pelestarian sumberdaya kelautan perikanan terus dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen. Terbukti pada hari Rabu, 19 Juli 2017 Tim Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen yang terdiri dari Sekretaris Dinas (Bapak Sri Pambudi), Kepala Bidang Perikanan Tangkap (Bapak Moch. Ashari) serta Kepala Seksi Prasarana dan Pengendalian Sumberdaya Ikan (Bapak Abdul Haris) melakukan pelepasan tukik yang baru menetas beberapa hari lalu. Pada kesempatan itu juga ikut serta perwakilan Dinas Perkim LH yaitu Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ibu Ifah Ismatul Banat), Kepala Desa Tegalretno (Bapak Supriyanto) dan para mahasiswa KKN STAIN Purwokerto.

Dari pemantauan Dinas dan warga setempat, penyu yang bertelur 100 butir tersebut berjenis Penyu Lekang atau Penyu Abu-abu (lepidochelis olivaceae) dan daya tetasnya mencapai 80 persen. Setelah telur menetas, beberapa tukik langsung menuju laut lepas dan selebihnya diamankan oleh warga sebelum akhirnya dilepas pada hari ini.Menurut Bapak Sri Pambudi selaku Sekretaris Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen, " kita patut bersyukur karena biota laut seperti penyu masih  mau mendarat dan bertelur di wilayah pesisir Kebumen, karena secara naluri penyu akan mencari tempat bertelur yang aman dan kondusif untuk menetaskan telurnya. Lebih lanjut dikatakan bahwa upaya Dinas terkait pelestarian penyu juga dilakukan melalui kegiatan dari APBN yaitu Kegiatan  Pengembangan Pesisir Tangguh (KPPT) engan bentuk penyuluhan dan pembangunan rumah penangkaran penyu di Desa Jogosimo. Sedangkan dari APBD dinas juga sudah memasang papan peringatan tentang larangan penangkapan penyu dan pengambilan telur penyu. Selanjutnya Bapak Moch. Ashari meminta Kepala Desa dan seluruh warga sekitar untuk bersama-sama menjaga keamanan penyu pada saat mendarat di wilayah kita dan juga mengamankan telurnya dari gangguan apapun sehingga telur dapat menetas sempurna.

 Sedangkan dari Dinas Perkim LH menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama Kepala Desa Tegalretno yang bersama warganya sudah komitmen untuk menjaga kelestarian penyu diwilayahnya. Dan dari pihak desa menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perkim LH terhadap desa Tegalretno terutama dalam hal kelestarian sumberdaya alamnya. Kedepan Kepala Desa berhharap semoga lebih banyak lagi penyu yang bertelur di pantainya sebagai kebanggaan Desa Tegalretno.