Arsip Berita Terbaru

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pembinaan Pasca program SeHAT Nelayan

Berita Terbaru 13 September 2017 14:35:26 WIB Administrator dibaca 10 kali

Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen, Selasa ( 12/9/2017 ) melaksanakan pembinaan pasca program SeHAT ( Sertifikat Hak atas Tanah ) Nelayan. Pembinaan diikuti 34 peserta berasal dari nelayan Desa Tanggulangin, Pandan Lor, Jintung, Pasir dan Srati sebagai penerima program SeHAT tahun 2016. Pembinaan dibuka oleh Kepala Dinas yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sri Pambudi, S.Pt. MSc. Didampingi Kabid Perikanan Tangkap Moch.Ashari,A.Pi dan narasumber dari Badan Pertanahan Nasional Kebumen dan Bank Jateng Cabang Kebumen

Dalam sambutan kepala dinas yang dibacakan oleh sekretaris dinas, disampaikan tujuan program SeHAT antara lain untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah nelayan, meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan kepercayaan bank untuk menyalurkan kredit kepada nelayan. Kegiatan pembinaan pasca program SeHAT merupakan tahap ketiga setelah sebelumnya melalui tahap PRA SeHAT dan tahap pelaksanaan SeHAT.

Pada tahap pasca SeHAT ini dilakukan fasilitasi dan pendampingan bagi penerima program untuk pengembangan kapasitas nelayan dan usaha penangkapan ikan skala kecil. Hasil pelaksanaan program SeHAT nelayan sampai 2016 terealisasi 750 sertifikat dan untuk SeHAT pembudidaya ikan terealisasi 150 sertifikat.

Beberapa program dari Kementrian Kelautan Perikanan terkait kesejahteraan nelayan antara lain pemberian kartu nelayan, asuransi nelayan, pembangunan rumah tidak layak huni, sambungan listrik murah dan sertifikat hak atas tanah nelayan. Program SeHAT ini merupakan kerjasama antara kementrian Kelautan Perikanan dan Badan Pertanahan Nasional. Setelah nelayan memiliki sertifikat tanah, diharapkan bisa dijadikan agunan untuk mengakses pinjaman dari perbankan.