Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Peringatan HARKANNAS ke-4 : Dinlutkan Kebumen Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

Berita Terbaru 22 November 2017 03:24:48 WIB Administrator dibaca 97 kali

Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 3 tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional dan bertepatan dengan Peringatan World Fisheries Day atau Hari Perikanan Dunia. Pada tahun ini, Indonesia memperingati HARKANNAS untuk keempat kalinya dengan tema “Ikan Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Tema tersebut ditetapkan dengan pertimbangan bahwa ikan sangat relevan untuk mendukung program pemerintah dalam hal perbaikan gizi masyarakat mengingat ikan sebagai bahan pangan dan sumber protein memiliki keunggulan antara lain; kandungan Omega 3 tinggi sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh, keragaman ikan yang tinggi  dari  jenis, bentuk, warna, rasa dan ukuran sehingga dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk olahan, keragaman harga yang dapat memenuhi semua segmen kelas ekonomi. Ikan sebagai sumber protein dapat berperan mendukung Gerakan Peningkatan Gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1.000 HPK), remaja usia produktif dan ibu hamil dalam kerangka strategi percepatan perbaikan gizi masyarakat (RPJMN 2015 – 2019).

Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat berperan mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dalam rangka mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas. Dalam rangka mendukung kebijakan strategis pangan dan gizi, dengan terbitnya Inpres Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Perpres Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, KKP terus melakukan beberapa program, antara lain peningkatan produksi perikanan tangkap dan budidaya yang didukung oleh penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan, serta penguatan sistem logistik ikan untuk memenuhi ketersediaan ikan bagi industri dan konsumsi dalam negeri. Peningkatan konsumsi ikan nasional sangat penting sebagai penghela industri perikanan nasional dalam rangka meningkatkan produktivitas industri dan mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa.

Tujuan dari peringatan Hari Ikan Nasional Ke-4 Tahun 2017 adalah meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya nasional mengingat ikan sebagai asupan pangan memiliki keunggulan kandungan gizi, ragam pilihan ikan dan ragam kreasi olahan.

Dalam rangka memperingati HARKANNAS ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen mengadakan acara Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan di Alun-alun Kebumen pada Selasa (21/11/2017), yang dihadiri oleh Bupati, Ketua DPRD Kebumen, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Jateng, Kapolres, PKK Kabupaten dan Kecamatan, Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit Chandra Kirana, UPTD Disdik, Kepsek, guru dan siswa/siswi SD dan MI Kec. Kebumen, Poklahsar dan Penyuluh Perikanan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengajak masyarakat Kab. Kebumen melalui peserta Sosialisasi Gemarikan untuk dapat memasyarakatkan makan ikan terutama untuk anak balita karena ikan mengandung protein yang tinggi dan omega 3 yang mudah dicerna oleh anak-anak, sehingga baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB, dengan diawali lomba menyanyi lagu Gemarikan, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi mengenai pentingnya makan ikan, yang disampaikan oleh Meitriana Pangestuti,S.Gz dosen STIKES Muhamadiyah Gombong dan Bapak Ustadz Riyanto dari Sempor. Dalam kesempatan ini, Bupati Kebumen, membagi-bagikan doorprize dan hadiah kepada perserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Selain itu, juga ditampilkan pameran produk olahan hasil perikanan dari GAPOKLAHSAR Mina Lawet Kebumen.

Ayo makan ikan agar sehat, kuat dan cerdas......................