Berita

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Wabah virus corona (Covid-19) membawa dampak luas kepada seluruh sektor kehidupan masyarakat. Bukan saja kesehatan, dampak sosial ekonomi juga mulai dirasakan masyarakat akibat pandemi. Dalam upaya membantu masyarakat, Pemkab Kebumen menggulirkan program pemberian pangan dalam bentuk peningkatan konsumsi ikan.

Program ini digulirkan kepada sedikitnya 1.375 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Kebumen. Para RTM yang terpilih ini tersebar pada 47 desa di Kebumen. Para penerima manfaat mendapatkan bantuan yang disalurkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) langsung ke masyarakat.

Asisten Sekda Kebumen Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nugroho Tri Waluyo mengatakan, bantuan ditujukan bagi keluarga yang memiliki ibu hamil dan anak bawah lima tahun (balita). Bantuan sosial yang diberikan yaitu berupa ikan lele segar dan ikan olahan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan pencegahan Covid-19.
"Bantuan ikan ini dilakukan selama 6 bulan ke depan," ungkap Nugroho yang juga Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen itu disela-sela penyerahan bantuan di Desa Poncowarno, Selasa (21/4/2020).

Nugroho menjelaskan, bantuan sosial ikan ini memiliki fungsi bukan saja peningkatan konsumsi ikan masyarakat semata. Melainkan juga memberdayakan perekonomian khususnya para pembudidaya ikan lele di wilayah setempat. Sedangkan ikan olahan didapat dengan membeli ke kelompok pengolah ikan setempat sebagai bagian program Jaring Pengaman Sosial.

"Penyaluran dilaksanakan oleh penyuluh perikanan dibantu perangkat desa atau bidan desa dengan tetap mengikuti protokol kesehatan," ucapnya.