Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pokmaswas dan KUB Ikuti Sosialisasi Penebaran Benih di PUD

Berita Terbaru 19 April 2018 12:07:28 WIB Bidang Perikanan Tangkap dibaca 192 kali

Rabu (18/04/2018), Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Sosialisasi Penebaran Benih Ikan di Perairan Umum Daratan (PUD), yang diselenggarakan di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan. Acara ini diselenggarakan terkait dengan rencana akan dilakukannya penebaran benih ikan di beberapa lokasi, pada sekitar bulan Mei 2018. Maksud dari acara ini adalah untuk membekali masyarakat disekitar area penebaran untuk dapat lebih bijak dalam mengelola sumberdaya ikan yang ada dan dapat mewariskannya kepada anak cucu nanti.

Sosialisasi ini, dihadiri oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) dari 7 Desa di 3 Kecamatan, yang akan menjadi lokasi penebaran benih, yaitu Pokmaswas Bulurejo (Kecamatan Ayah), Pokmaswas Demangsari  (Kecamatan Ayah), Pokmaswas Kedungweru (Kecamatan Ayah), Pokmaswas Aditirto (Kecamatan Pejagoan), KUB Sempor (Kecamatan Sempor), KUB Kedungwringin (Kecamatan Sempor), dan KUB Watukelir (Kecamatan Ayah).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Drs. La Ode Haslan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Pemerintah untuk ikut meningkatkan Angka Konsumsi Makan Ikan dan program pengentasan kemiskinan. 

Kepala Dinas juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian perairan di sekitar tempat tinggalnya, dan tidak melakukan penyetruman dan penangkapan ikan dengan bahan kimia di PUD, yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan membunuh semua ekosisem yang ada di perairan tersebut. Beliau juga menjelaskan bahwa potensi PUD di Kabupaten Kebumen berupa waduk (307,69 Ha), Sungai (898,05 Ha), Rawa (112,50 Ha) dan Genangan (1.066 Ha).

Sebagai narasumber, Abdul Haris, S.St.Pi selaku Kasi Prasarana dan Pengendalian SDI menjelaskan mengenai ciri keberhasilan pengelolaan PUD, yaitu : 

  1. Adanya batasan area pengelolaan kawasan sumberdaya yang disepakati
  2. Adanya keanggotaan yang dinyatakan dengan jelas
  3. Adanyapermasalahan yang dirasakan secara bersama-sama
  4. Adanya kesamaan ikatan dalam kelompok
  5. Adanya kelompok-kelompok yang secara tradisi sudah terbentuk
  6. Adanya jaminan manfaat lebih besar dari biaya
  7. Adanya pertisipasi antar kelompok pemanfaat
  8. Adanya peraturan yang secara faktual dijalankan
  9. Adanya legalitas kelompok yang telah ada / terbentuk
  10. Adanya kerjasama dan kepemimpinan lokal
  11. Adanya pendelegasian wewenang
  12. Adanya koordinasi antar Pemerintah Lokal dan pemanfaat

Tujuan dilakukannya penebaran benih ikan di PUD adalah untuk menjamin keberlanjutan perikanan dan  keadilan dalam distribusi manfaat sumberdaya perikanan, memelihara lingkungan tempat hidup ikan dan mengoptimalkan produksi perikanan sesuai daya dukung lingkungan, papar Abdul Haris.